Selasa, 18 Desember 2018

Paku Nyai Kunti (Carita: Ani Suhartini)




PEUTING bulan moncorong sawareh katutupan mega hideung. Kuring indit ka lembur niat rek sungkem ka indung. Kajadian anu matak sieun jeung keueung. Bulu punduk tingsariak. Kasieun beuki gede pas motor pareum di sasak wahangan Cicupu deukeut tangkal waru doyong. Kuring ngomong na jero hate, duh naha bet mogok palebah dieu, dalah dikumaha motor teu hurung-hurung. Kuring negerkeun hate supaya gede wawanen, kuring neuteu bulan nu endah tapi siga neundeun kasedih.

Keur anteng kitu kasampak digigireun aya awewe geulis pisan, naha bajuna koneng buukna panjang tapi geulis pisan. Kuring teu sieun da ngarasa eta jalma nu rek nulungan kuring ngabantuan motor beh teu mogok.
Obrolan eta awewe geuning lain rek nulungan tapi ambek-ambekan, kuring soak kacida. Manehna keukeuh nuding kuring anu nyokot paku anu nanceb dina sirahna. Kuring olohok, da teu rumasa. Manehna nyebutkeun yen paku anu dipake nyoblos Bupati jeung Gubernur teh ceunah paku anu manehna. Kuring teu kuat da ayeuna apal nu ngobrol jeung kuring teh geuning Nyai Kunti jeung nincak peuting teh malem Jumat Kliwon. Manehna keukeuh tatanya hal anu rahasia keur diri kuring, nanyakeun kuring nyolok saha???
Tidinya kuring teu inget di bumi alam.
Kacaritakeun kuring nyampak di imah dirariung. Diarusapan, bari menta ngadongengkeun kajadianana.
Cag!
Dongeng Pemilu
28 Juni 2018.
Deudeuh Art (Pegiat Komunitas Pencinta Kabuyutan Gunung Sanghiyang [KPKGS] di Balubur Limbangan, Garut)



Paku Nyai Kunti

Terjemahan Bebas Rohyati Sofjan


MALAM bulan bersinar separuh tertutup mega hitam. Aku pergi ke kampung dengan niat akan sungkem kepada orangtua. Suasana terasa sangat menakutkan dan seram. Bulu kuduk merinding. Rasa takut kian besar pas motor mati di jembatan Sungai Cicupu dekat pohon waru doyong.
Aku bicara dalam hati, “Duh mengapa harus mogok di sebelah sini, harus bagaimana motor tidak nyala-nyala?”
Aku menegarkan hati supaya lebih berani, aku memandang bulan yang indah tapi seperti memendam kesedihan.
Saat sedang anteng begitu terlihat di pinggiran ada perempuan cantik sekali. Mengapa bajunya kuning, rambutnya panjang tapi cantik sekali?
Aku tidak takut karena merasa orang itu yang akan menolongku membantu mengatasi motor ini supaya tidak mogok lagi.
Ucapan perempuan itu malah bukan hendak menolong melainkan marah-marah, aku kaget teramat sangat. Dirinya kukuh menuduhku yang mencabut paku yang menancap di atas kepalanya. Aku melongo karena tidak merasa melakukan itu. Dirinya menyebutkan bahwa paku yang dipakai mencoblos Bupati dan Gubernur itu katanya paku miliknya.
Aku tidak kuat karena sekarang tahu yang mengobrol denganku ternyata gerangan Nyai Kunti dan menginjak malam Jumat Kliwon.
Dirinya kukuh bertanya hal yang rahasia bagi diriku, menanyakan aku colok siapa???
Dari sana aku tak ingat bumi alam lagi.
Singkat cerita aku sudah berada di rumah dirubungi banyak orang. Diusap-usap, sambil diminta menceritakan kejadiannya.
Cag!
Dongeng Pemilu
28 Juni 2018
Deudeuh Art

#Carpon #DeudeuhArt #Kunti #Parodi #Pemilu #KPKGS #BaluburLimbangan #Garut 
~Gambar hasil paint sendiri










4 komentar:

  1. hahahahah..awalnya saya bingung soalnya pakai bahasa kerajaan, eee ternyata ada versi bahasa Indonesianya.. asyikkk bacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Carpon basa Sunda, Kang. Saya tak akan bisa menulis itu, cuma nerjemahin karya Bu Guru yang aktif berkesenian di komunitas yang saya ikuti. Susah juga nerjemahin agar sesuai dengan rasa bahasa. Makasih sudah baca dan merasa asyik.

      Hapus
  2. Ngan saukur unrang sunda nu ngarti bahasa pang luhurna hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumuhun. Abi pajang karya Bu Ani ngarah tiasa ngalestarikeun budaya Sunda tina carpon. Teras ku abi diterjemahkeun kana bahasa Indonesia. Hesena dina rasa bahasa, kumaha nerjemahkeun eta. :) Hatur nuhun.

      Hapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Nama komentator tidak langsung mengarah ke URL pos blog agar tidak menambah beban jumlah link pemilik blog ini. Jangan sertakan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. @rohyatisofjan

Disabilitas Mengelola Komunitas

Arti disabilitas adalah keterbatasan aktivitas dan partisipasi akibat  ketidakmampuan mental atau fisik. Hal itu bisa menjadi stigma dalam m...