Rabu, 10 Mei 2023

Disabilitas Mengelola Komunitas

Disabilitas dan komunitas


Arti disabilitas adalah keterbatasan aktivitas dan partisipasi akibat  ketidakmampuan mental atau fisik. Hal itu bisa menjadi stigma dalam masyarakat yang belum paham inklusif. 

Inklusif berarti kesadaran untuk menerima perbedaan dan kesetaraan bagi yang termasuk disabilitas juga. 

Kenyataan sebagai seorang penyandang disabilitas yang kedua telinganya tidak berfungsi membuat ruang gerak saya terbatas.

Kesulitan  beroleh pendidikan, mencari pekerjaan, berkomunikasi, bersosialisasi, dan berpartisipasi dalam kegiatan sekitar, sampai menggunakan ruang publik barangkali hal mendasar yang selalu dialami teman disabilitas.

Hal di atas adalah masalah yang pernah, telah, sedang, bahkan selalu saya alam dari dulu sampai sekarangi.

Minat baca sejak kecil membuat saya suka menulis, kemampuan menulis itulah yang mempertemukan saya dengan banyak orang secara langsung maupun digital. 


Pertemuan digital pertama saya waktu di Bandung saat masih kerja adalah chat di mIRC saluran tertentu dan mailing list. Pada tahun 2001 itu teknologi belum secanggih sekarang, bahkan bentuk  ponsel seperti pisang karena tebal dan besar. 😁

Pada akhirnya, pertemanan dunia maya yang terbentuk lewat digital bertemu di dunia nyata secara langsung dalam suatu acara seni atau kumpul dengan teman komunitas.

Internet membantu saya mempertemukan dengan banyak orang sekaligus membangun pertemanan yang solid. Bagaimanapun keadaan saya. 

Saya mengakses internet di warnet, pemilik warnet menggunakan provider Speedy dari Telkom. Provider internet milik Telkom termasuk populer waktu itu

Bertahun-tahun kemudian, pada tahun 2015, Telkom Indonesia mengganti nama Speedy menjadi IndiHome. Provider internet IndiHome termasuk populer karena menjangkau banyak pelosok negeri. 


Hampir semua kota besar dan kecil di Indonesia telah dijangkau jaringan internet provider IndiHome. Dengan akses internet broadband yang cepat hingga 300 mbps.

Berikut ini info kecepatan layanan IndiHome.


Daftar kecepatan
Daftar Kecepatan dan Perangkat IndiHome



Percayalah, Kamu Pasti Bisa!


Itu adalah mantra  saya untuk meyakinkan diri bisa melakukan hal yang terasa mustahil menjadi mungkin. Tumbuh dalam lingkungan pendidikan inklusif membuat saya terbiasa membaur dengan orang-orang yang nondifabel. 

12 tahun belajar di sekolah umum SD sampai SMU tanpa alat bantu dengar, mendidik saya untuk supel bergaul dan percaya diri dengan orang-orang berpendengaran normal.

Bahkan sekarang saya mengelola komunitas acara saling follow Instagram Indonesia Saling Follow sebagai follow loop lokal yang didirikan 16 Juli 2019 bareng seorang teman, namun pada akhirnya seiring waktu dikelola saya sendirian. 


Tahun 2019 ada banyak follow loop bule. Semacam acara  lingkaran saling follow dengan seluruh peserta terdaftar yang akunnya ditarik  lokomotif admin penggerak acara. Ada syarat tertentu mengikuti acara itu.

Banyak pemilik akun yang bekerja sebagai konten kreator mengikuti acara itu karena membutuhkan  pengikut Instagram secara cepat dan mudah daripada beli.

Becermin dari pengalaman saya sering mengikuti follow loop lokal dan luar negeri, ada keinginan untuk terus mempertahankan Indonesia Saling Follow sebagai komunitas acara saling follow Instagram yang pesertanya amanah meski sangatlah tidak mudah.

Apalagi jelang 4 tahun perjalanan @indonesia_saling_follow pesertanya kian lama kian sedikit. Dulu saat acara bisa 300-an akun berpartisipasi, sekarang hanya 200-an akun dan bulan April turun jadi 190-an akun. 


Lanjutkan atau Hentikan?


Kadang terpikir untuk berhenti mengelola acara saling follow Instagram Indonesia Saling Follow karena sepi peserta dan riweuh jika berurusan dengan peserta ajaib, atau algoritma Instagram yang kian galak, atau hal lainnya yang bikin lelah plus tidak nyaman. Apalagi saya punya bayi perempuan umur 13 bulan yang sedang aktif dan menggemaskan plus belajar jalan.

Namun idealisme mencegah saya untuk berhenti karena masih ingin membantu banyak pemilik akun Instagram amanah yang membutuhkan bantuan agar tidak bingung cari tempat saling follow.

Selalu ada konten kreator awam yang membutuhkan komunitas untuk berjejaring. Soalnya di  Indonesia Saling Follow bukan tempat saling follow semata, ada informasi mengenai job, acara tambahan saling support media sosial. Saat ini yang aktif adalah spam like Instagram, blogwalking, dan like sekaligus komentar Instagram di WAG internal. Sayangnya yang ikutan hanya beberapa dan itu-itu saja padahal penghuninya ada ratusan 😁

Selain itu, saya sering membagikan informasi penting mengenai keamanan media sosial dan hal yang berkaitan dengan media sosial. Penting bagi konten kreator untuk paham masalah keamanan sampai algoritma.


IndiHome Pilihan Internet Provider Indonesia



Barangkali ada yang bingung memilih penyedia layanan provider internet terbaik di Indonesia? IndiHome yang merupakan bagian dari Telkom Indonesia solusinya. 

Banyak teman-teman peserta acara Indonesia Saling Follow yang menggunakan IndiHome di rumahnya. Mereka bisa terbantu untuk #BerkontenRiaBersamaIndiHome karena didukung layanan jaringan #IntetnetnyaIndonesia Telkom Indonesia. 

Kelebihan IndiHome adalah menggunakan jaringan fiber optik dan tersebar di seluruh negeri. Akses internet unlimited membuat penggunanya nyaman beraktivitas tanpa batas. 

#AktivitasTanpaBatas pun bisa dilakukan saya yang disabilitas berkat internet. Menjadi admin sekaligus pendiri Indonesia  Saling Follow membuat saya bersyukur bisa membukakan pintu bagi banyak orang, teman-teman peserta yang membutuhkan. 

Alhamdulillah, sudah 2 ribuan lebih akun peserta sejak awal berdiri sampai sekarang. Banyak di antaranya yang sudah sukses sebagai konten kreator atau jualan di media sosial yang membutuhkan kemampuan membuat konten. 

Balubur Limbangan, Garut, 10 Mei 2023

#LombaBlogIndiHome


REFERENSI
Desain gambar Canva dan tangkapan layar dari situs IndiHome
Situs IndiHome co id



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Nama komentator tidak langsung mengarah ke URL pos blog agar tidak menambah beban jumlah link pemilik blog ini. Jangan sertakan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. @rohyatisofjan

Disabilitas Mengelola Komunitas

Arti disabilitas adalah keterbatasan aktivitas dan partisipasi akibat  ketidakmampuan mental atau fisik. Hal itu bisa menjadi stigma dalam m...