Rabu, 16 Januari 2019

Pentingnya About Me Bagi Narablog



SEMULA saya tak perhatikan dan tak memahami bahwa halaman About Me dan Disclosure itu penting bagi narablog, setidaknya meningkatkan taraf kredibilitasnya di mata orang lain, entah pembaca blog atau yang ingin melakukan kerja sama dengan pemilik blog. Saya pernah baca kedua halaman itu di blog lain, namun tak memahami kegunaannya. Sampai saya baca tulisan Mbak Siska Dwyta yang ikut #KompetisiBlogNodi, bahwa ia membuat halaman itu untuk tujuan me-monetiuze blognya. Saya jadi tertarik ikutan. Ya ikut bikin halaman About Me dan Disclosure. Itu saja dulu. Meski ada Site Map yang belum saya pahami cara pasangnya, bisa kapan-kapan pasang jika sudah dipelajari dan paham.


Mulanya saya mencontoh tulisan Mbak Siska yang ada dalam kedua halaman tersebut. Soalnya saya tak tahu harus bagaimana cara bikinnya. Saya tulis untuk About Me dulu di word office komputer. Lalu saya buka dasbor blog. Konyolnya saya pikir tahapan bikin halaman sama seperti bikin posting-an lain, hanya perlu menambahkan label atau kategori untuk tempat menaruh About Me. Lalu lakukan pengaturan sebagaimana biasanya jika bikin label di bagian TATA LETAK lantas proses.
Nyatanya, kala saya klik hasil untuk melihat, malah bersua dengan halaman tak ditemukan dari peramban. Sudah diklik ulang tetap demikian. Lagi-lagi saya salah langkah sehingga bikin galat (bahasa Indonesianya untuk error). Yah, tiada pilihan selain mencari cara di mesin pencari. Sempat buka Youtube namun malah pusing sendiri. Layar kecil. Jelas atuh, saya lupa perbesar tampilan layar video agar tulisan dalam video itu lebih jelas, hi hi. Linglung lagi!
Saya cari yang tertulis saja tutorialnya. Oh, begitu, ya. Paham meski kesal karena tak dilengkapi gambar ilustrasi padahal blog rujukan itu ada di halaman muka mesin pencari.
Baiklah, saya bikin tutorial sendiri, hasil pengalaman sendiri agar teman-teman saya bisa menjadikannya sebagai rujukan. Sekaligus obat pikun kalau saya hendak bikin namun lupa cara. Ada arsip untuk menyegarkan ingatan tanpa perlu melanglang jauh-jauh, he he.

Cara Membuat Halaman ABOUT ME
1. Buka dasbor blog dan klik bagian HALAMAN seperti di bawah ini:

2. Setelah halaman diklik atau diketuk maka akan muncul bagian layar baru. 

3. Tampilan untuk mengetik itu bisa dalam bentuk teks atau html, pilih teks karena tujuannya agar mudah dibaca manusia bukan mesin yang mengenkripsikan bentuk.


4. Copas alias salin tempel tulisan dari word ke dalam ruang untuk mengetik.

5. Beri tambahan gambar atau foto ilustrasi penunjang jika memang ingin. Tinggal klik saja tombol untuk mengunggah foto atau video.

6. Selanjutnya publikasikan.
7. Akan tampil halaman bahwa tulisan untuk halaman ABOUT ME sudah tersaji, eh, sudah tersedia di blog.

8. Selanjutnya apa? Silakan klik LIHAT jika ingin melihat hasilnya dulu untuk memastikan tiada kesalahan di dalamnya, entah salah tik atau apa.
9. Setelah puas bahwa tak ada yang harus direvisi salin alamat tautannya, dan buka TATA LETAK.

10. Pilih opsi DAFTAR HALAMAN (ATAS) untuk diklik. Maka akan muncul jendela Konfigurasikan Daftar Halaman. Klik Tambahkan Link Eksternal.

11. Maka akan muncul halaman baru di jendela itu. pilih judul halaman dan alamat (web/URL) tautannya. Kita isi saja judulnya dengan ABOUT ME. Sedang untuk alamat tinggal salin dari tautan About Me tadi. Lalu Simpan Tautan.

12. Setelah selesai, secara otomatis kita akan berada di halaman Konfigurasikan Daftar Halaman, geser sampai bagian bawah, lalu kita akan lihat bahwa halaman baru itu telah nongkrong dengan manis di ujung paling bawah. Yah, setiap ada pembuatan halaman baru selalu menempati posisi bawah. 

13. Jika ingin memindahkannya ke posisi strategis di bagian atas, tinggal sorot saya bagian halaman itu sampai ke posisi yang diinginkan. Yah, seperti main geser. 


14. Setelah selesai di posisi tujuan, jangan lupa beri tanda centang pada kotak yang tersedia di bawah PILIH SEMUA, klik kotak untuk ABOUT ME agar bisa tampil di blog kita, kemudian geser kursor ke bawah dan ketuk tombol Simpan.

15. Secara otomatis kita akan berada di ruang TATA LETAK lagi. Lakukan penyimpanan perubahan dengan klik tombol SIMPAN SETELAN. Akan ada tulisan bahwa telah tersimpan. 

16. Lihat blog untuk tahu dan memastikan setelah proses itu selesai.
17. Alhamdulillah, selesai sudah. Halaman ABOUT ME dengan manis tampil di sebelah BERANDA blog saya, dan siap diklik oleh pengunjung dengan adanya ikon tangan.

Demikianlah tutorial sederhana berdasarkan pengalaman saya ini dibuat. Semoga mudah dipahami teman-teman yang baru belajar bikin blog. Silakan praktikkan. Jangan sungkan tanya dalam kolom komentar jika ada yang tidak dipahami.
Saya bahas ABOUT ME dulu, ya. Waktu mepet lagi jelang mitnait.
Salam.
Cipeujeuh, 16 Januari 2019
#AboutMe #CaraMembuatHalaman #HalamanMandiri #HalamanTerpisahdariLabel #SHSTJanuari16
~Gambar hasil tangkapan layar
.

21 komentar:

  1. About me memang penting sekali untuk mengenalkan diri kita ke para pembaca atau agensi yang ingin mensponsori kita, istilahnya lebih terbuka gitu deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Mbak Iid. Saya bersyukur berkat sering blogwalking bisa beroleh banyak info. Ternyata ada banyak sebaran informasi yang tak saya tahu atau malah sebelumnya diabaikan. Lega banget bisa pasang ABOUT ME.

      Hapus
  2. Betul sekali kalau About Me itu sangat penting.
    Jadi identitas diri sebagai penulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas. Saya telat tahu, namun syukurnya bisa segera diterapkan berkat baca posting-an teman narablog. Jadinya identitas diri saya lebih terbuka. Ada kesan profesional, he he.

      Hapus
  3. Wah, terima kasih banyak mbak. Ini bermanfaat untuk saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak Yuli. Mari dipraktikkan. Senang bisa berbagi pengalaman.

      Hapus
  4. Wah ada nama saya disebut-sebut, hehe makasih mbak :) Saya pun baru menambahkan dua laman tersebut di penghujung tahun 2018 kemarin. Senang bisa berbagi informasi

    Tadinya juga saya kira ditulis di edit entries tapi baru ngeh dengan menu "halaman" pada dasbor blogspot

    Oh ya, sebelumnya saya juga nggak tahu cara bikin sitemap, cuma karena saya penasaran bagaimana caranya agar postingan bisa terindeks google jadi saya googling dan ikuti langkah-langkahnya

    Coba deh mbak googling aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak Siska. Terima kasih sudah berbagi kisah tentang pentingnya punya halaman abiut me, saya jadi ikutan. Ternyata sebagai narablog kita tak boleh kudet, harus tetap semangat belajar agar bisa tampil lebih baik lagi. Juga apa yang diupayakan berbuah hasil.
      Soal sitemap, insya Allah, akan saya pelajari di lain kesempatan.

      Hapus
  5. About me ku juga belum banyak, soalnya bingung mau diisi apa, masih baru sih,, jadi masih bayi istilahnya, bisa jadi referensi nih kl bikin pages about me nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak masalah, nanti seiring waktu dan kian banyaknya karya berikut pencapaian, bisa membuat halaman mandiri ABOUT ME yang lengkap.

      Hapus
  6. keren banget mba, akhirnya ada kontak di blog ini hihihi.
    Kalau kemaren yang berkunjung ke sini bingung, ini mana ya empunya blog, gak ada pintu buat ngetoknya, cuman bisa tinggalin jejak di teras eh di komen hahaha

    Suka banget semangat belajar mba Rohyati, belajar sekaligus mendokumentasikan, jadi deh postingan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mbak Rey. Berkat nasihat Kang Nata yang bijak, ha ha. Dan dukungan Mbak Rey tentunya. jadinya saya semangat untuk belajar meski sempat salah langkah.
      Sekarang ada pintu untuk ngetok, semoga tamu nyaman singgah ke rumah maya saya, hi hi.
      Yah, saya juga banyak belajar dari Mbak Rey, kok. Dulu di blg lama pernah bikin panduian cara pasang ALEXA, buisyet, sekarang saya lupa caranya. Ada perubahan sistem juga.

      Hapus
    2. Dan hanya dalam beberapa bulan, blog ini udah menjelma jadi blog yang siap bersaing di antara banyak blog di Indonesia mbaaa..

      Saya salut karena saya tahu persis, mba juga nggak mudah untuk selalu menulis atau ngeblog.

      Sama juga dengan saya yang harus mampu menyediakan waktu di antara banyak hal yang harus dilakukan.

      Aaahh, semoga kita-kita para emak-emak yang berjuang ini, bisa merasakan buah manis dari semua perjuangan ini ya mba :D

      Hapus
  7. Sekedar tambahan mbak. Sebaiknya about me tampil di seluruh halaman. Di blog ini munculnya hanya di homepage. Banyak template yang bisa kok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sarannya, Mbak Lusi. Akan saya pertimbangkan apakah bisa bikin template. Bingung saja. Saking banyaknya rencana tulisan yang harus diwujudkan ditambah dandani blog agar optimal, he he.

      Hapus
  8. Galat = eror, terimakasih Kakak hehehe.

    Btw iya, Kak, untuk bikin About Me harus di 'Halaman' lalu perhatikan 'Tata Letak' agar 'About Me' ini terlihat, bisa dipindah paling atas. Karena sering ngasih materi ini di Kelas Blogging NTT dan Kelas Blogging Online, jadi tahu. Hanya saja untuk beberapa template/layout yang bukan bawaan, kadang halaman About Me ini kita bikin lagi / atur agar bisa tampil di semua halaman. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aha, saran yang mengena bagi saya, Nonamuda. Hatur nuhun pisan. Nanti saya pelajari jika senggang. Tadi sibuk blogwalking dan harus lakukan kunjungan balik. Jadi anrablog harus siap kerja keras dan jungkir ablik perbaiki tampilan blog, hi hi.
      Sebenarnya untuk error sudah lama ada padanannya dalam bahasa Indonesia namun kurang populer. Mari kita populerkan istilah demikian lewat blog agar jadi kebiasaan. Sebagai narablog di era digital tetap penting menjungjung bahasa Indonesia karena kita memakai bahasa itu bukan bahasa dinosaurus, hi hi.

      Hapus
  9. Terima kasih artikelnya. Dulu, gara2 ditolak adsense terus, akhirnya baru menyadari belum membuat about me, disclaimer, dan sejenisnya. Tapi memang about me penting sebagai perkenalan awal siapa penulis blog ini

    BalasHapus
  10. Saya juga awalnya bingung mbak bikin about me. Tapi googling dan praktik. Memang biar gak bingung, catat di blog sendiri hehe:))

    BalasHapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Nama komentator tidak langsung mengarah ke URL pos blog agar tidak menambah beban jumlah link pemilik blog ini. Jangan sertakan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. @rohyatisofjan

Disabilitas Mengelola Komunitas

Arti disabilitas adalah keterbatasan aktivitas dan partisipasi akibat  ketidakmampuan mental atau fisik. Hal itu bisa menjadi stigma dalam m...