Selasa, 15 Januari 2019

C2live Tempat Berkumpul Narablog Profesional



KEMARIN dalam posting-an “Tentang Blog, Blogwalking, dan Lomba Blog”, saya bilang akan istirahat internetan barang 2 atau 3 hari. Nyatanya tadi siang isi pulsa 20 ribu rupiah, yang secara otomatis akan memperpanjang masa aktif paket PUAS Smartfren untuk 14 hari alias dua pekan sepuasnya. Alasannya, Palung akan rewel jika bosan tak bisa nonton Youtube atau main gim Friv, hujan kembali rajin membasahi bumi jadi dia tak leluasa main di luar sebagaimana biasa bareng teman-teman. Saya juga merasa sayang jika melewatkan hari karena ada banyak lomba yang belum sempat diikuti. Nanti mimpi saya melulu soal blog saking jadi beban pikiran.

Hal pertama yang sudah saya putuskan adalah mendaftarkan blog baru ke platform .C2live Sebenarnya sudah beberapa bulan jadi anggota C2live untuk blog lama, Tiara yang sangat merekomendasikan agar saya bergabung di sana. Ya, sudah, daftar saja. Cuma, saya bikin galat. Mengalihkan akun pos-el dan nama blog ke yang baru. Itu bikin kacau saja.
Memang, sih, dapat kiriman surel dari C2live ke pos-el baru saya, cuma kala diklik malah oops pemberitahuan ada semacam galat. Yah, itu mungkin berrkaitan dengan keamanan. Jika ingin bikin akun baru untuk blog dan alamat pos-el baru harus daftar lagi. Jangan seenaknya edit profil dan ganti semua -- kayak saya yang gak tahu aturan dasar, he he.


Mendaftar di C2live itu gampang, kok. Ada banyak opsi pilihan, apakah akan langsung lewat akun media sosial (Facebook, Twitter, atau Google), atau malah lewat pos-el. Saya pilih yang terakhir untuk jaga-jaga jika ada masalah lupa sandi masuk.





Bagi Anda yang ingin bergabung dan memilih opsi terakhir, silakan klik BUAT AKUN BARU.Isi semua kolom kosong yang tersedia dengan benar. Setelah itu klik DAFTAR. Selanjutnya kita akan dibawa pada halaman lain berupa form isian data diri. Isi semua dan kirim. Lantas kita akan menuju layar pemberitahuan bahwa alamat untuk kirim e-mail (sur-el) belum diverifikasi. 
 

Kita diminta buka e-mail dulu, jika sudah ada surat pemberitahuan dari C2live Portofolio untuk verifikasi e-mail, buka dan klik tanda verifikasinya. 



Selanjutnya kita akan dibawa ke dalam halaman dasbor akun C2live. Selamat datang! Menyenangkan bisa bergabung dalam jaringan yang menghimpun para narablog untuk bekerja sama dengan perusahaan atau agensi.



Edit profil kita dan isi semua kolom dengan lengkap. Jika telah sesuai maka kita akan beroleh tampilan seperti akun saya di dasbor. Itu halaman portofolio, ajukan tautan url untuk dikirim ke C2live. Tautan yang kita pilih dan yakin layak kirim ke C2live. Selanjutnya tunggu saja apakah akan diterima. 


Selain portofolio, kita juga bisa kirim naskah agar bisa tayang di halaman utama C2live. Naskahnya harus diseleksi ketat bersama entah berapa banyak naskah yang masuk ke kurator C2live. Berbahagialah jika naskah kita tayang di sana, bisa dibaca banyak narablog lain serta berbagi ilmu yang semoga bermanfaat dan mengedukasi.



Saya suka berada di halaman muka C2live, di sana ada banyak info yang sangat dibutuhkan narablog agar bisa maju di era digital ini. Info mengenai cara mendandani tampilan blog agar lebih optimal, sampai aneka lomba dan tips lainnya. Peluang ada di mana-mana asal kita mau usaha dan mencarinya.  

 
Menjadi narablog di era digital ini sesungguhnya sarat tantangan. Berbeda jauh dengan masa saya baru kenal internet pada tahun 2002, blog masih asing dan peluang dengan blog belum terbuka lebar. Sekarang era digital menjangkau semua kalangan lapisan masyarakat, generasi muda milenial bahkan merupakan pengguna internet aktif dalam keseharian. Tak usah lihat jauh-jauh, di sekitar saja demikian.

Mesin pencari merupakan sarana paling dibutuhkan para pengguna internet. Segala arus informasi terhimpun di sana. Sesungguhnya narablog harus berjuang keras agar posisinya berada di halaman ideal, tidak tertimbun di halaman paling ujung. Untuk itu mereka harus terus memperbarui diri dengan pengetahuan dan pemahaman baru yang senantiasa berubah cepat, agar bisa menyajikan konten segar yang bermanfaat.

BACA JUGA: Tahun 2018, Tahun Terbaik Saya, dengan Blog
 
Blog bisa sebagai hobi untuk tempat menyimpan arsip karya, seperti saya dulunya di awal perkenalan dengan blog. Namun seiring waktu, berkat interaksi yang intens dengan sesama teman narablog di Facebook atau grup Facebook, saya belajar banyak bahwa blog juga bisa menghasilkan rezeki dalam bentuk uang atau benda apa saja dengan lomba atau giveaway.
Pada tahun 2014, hadiah untuk lomba blog biasanya buku atau barang murah. Untuk yang mahal adalah ponsel baru, bahlkan yang paling mahal bisa berupa cincin emas. Setelah saya berhenti internetan di rumah selama 3 tahun lebih dan kembali memasuki dunia maya berkat sarana penunjang yang ada, ternyata dunia telah berubah banyak. Saya baru menyadarinya pada awal tahun 2018. Lomba blog kian sulit syaratnya, namun hadiahnya besar dan menggiurkan.
Saya baru serius ngeblog setelah bikin blog baru dan membeli domain berbayar di Niagahoster untuk blog https://rohyatisofjan.com. Dan saya baru awal bulan Januari ini berupaya serius menggarap blog dengan rajin menayangkan tulisan baru setiap harinya. Yah, meski dari segi kualitas masih malu-maluin.  
Sekarang saja saya berupaya melakukan lompatan lagi agar bisa lebih maju dengan bergabung di platform C2live, selain komunitas Blogger Perempuan Network (BPN). Kedua hal itu adalah sarana yang baik untuk mengembangkan diri dan bersosialisasi. Di Blogger Perempuan Network, ada interaksi intens dengan para anggotanya, juga program menantang. Berikut blogwalking dengan menayangkan cuplikan kiriman karya kita di halaman untuk anggotanya. Blogger Perempuan Network pada dasarnya menyediakan sarana untuk saling berbagi informasi tulisan terkini dari anggotanya. Bahkan menghimpun beberapa posting-an pilihan untuk dikirim ke pos-el anggota yang mendaftarkan alamat pos-el mereka untuk berlangganan newsletter.



C2live berfungsi lebih, merangkap content aggregator (individu atau organisasi yang mengumpulkan konten atau aplikasi lain dari sumber yang berbeda untuk dipajang di tempatnya).  Itu akan memberi backlink bagi blogmu. Syaratnya, buka saja halaman SINDIKASI ARTIKEL. Kirim tulisan yang ingin ditayangkan C2live di situsnya. Tentunya ada proses seleksi, maka selektif dulu memilih naskah mana yang kita anggap terbaik dan akan dibutuhkan pembaca.
Saya sudah coba tadi. Semoga saja lolos kurasi dan bisa tayang di halaman utama C2live, agar bisa menambah jumlah pengunjung ke blog. Karena C2live juga akan menyertakan backlink di artikelnya yang mengarah ke blog kita.
Sebenarnya masih ada banyak lagi kelebihan lain dari C2live, namun saya didera penyakit kantuk dan takut tak fokus jika malah berpanjang lebar. Jadi, selamat mendaftar, ya. Anggota C2live sangat beragam, lelaki dan perempuan. Serta selalu ada tawaran bagi anggotanya untuk ikut lomba, kampanye, selain info penting dan sindikasi artikel yang tak dibatasi waktu kirim.
Selamat malam, saya mudah kelelahan sekarang. Ingin segera menikmati empuknya bantal dan kasur. Malam berhujan di Cipeujeuh sangat dingin. Sebaiknya segera tidur setelah tayangkan ini. Tubuh punya batasnya, dan otak pun bisa aus jika dipergunakan secara tidak semestinya. Selamat mendaftar di C2live.
Salam.
Cipeujeuh, 15 Januari 2019
#C2live #ContentAggregator #Blog #SisiUnikBlog #BloggerPerempuanNetwork #SHSTJanuari15
~Gambar hasil tangkapan layar dari situs C2live


7 komentar:

  1. Baru tahu saya C2live ini situs apa, awalnya saya kira situs penyedia domain gitu, owalah kemana aja sih guaaa, please deeh *jewerkupingsendiri* Terima kasih sudah berbagi info ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha ha, saya juga tahunya setelah keliling sana-sini dari blog orang lain. Menjelajah blog itu menyenangkan, Mbak iid. Bisa beroleh banyak manfaat serta tambahan ilmu baru selain pertemanan.
      Cuma, saya juga kadang saja bukanya. Kerap lupa kalau sedang sibuk urus blog serta harus jelajah blog selain kunjungan balik.
      Sering-sering main ke sana, Mbak. Ada banyak tulisan keren dari para mastah yang rajin berbagi ilmu. Yuhu!

      Hapus
  2. Mbaaaa... keren banget belajarnya udah ke mana-mana, orang yang rajin baca emang kaya banget ya, ilmunya melesat tanpa batas :)

    Ayo mba daftar di komunitas juga, ada blogger perempuan, KEB, MBC dll.

    Saya sudah daftar juga di C2live, lumayan sering dapat info job dan lomba.

    Semoga makin berkah ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,, Mbak Rey. Saya coba meluaskan sayap ke mana-mana 'kan mau serius sebagai narablog agar beroleh banyak rezeki. Tak boleh santai dan stagnan nanti tertinggal. Saya sudah di KEB sejak tahun 2014 lalu, kemudian ikut BPN dan lainnya. C2live memang tempat info yang beragam dan akurat bagi para narablog rajin agar bisa beroleh job. Semoga berkah juga bagi Mbak Rey, ya.

      Hapus
  3. Saya sudah pernah daftar atau belum yaaa ... lupa ... tapi pernah ke sana waktu ikutan lomba Kenapa Harus Ngeblog (semacam itu). Nanti coba saya lihat lagi deh hahaha makasih banyak ya Kakak terkece yang senantiasa mengedukasi lewat tulisan :* aku padamuuuuu ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha ha, Nonamuda saking terlalu gesitnya bekerja dan sibuk kukurilingan untuk jalan-jalan sekaligus promosikan Uniflor jadi lupa. Semoga masih jadi anggotanya, ya. Tinggal cek kotak pos-el saja apa masih terfadtar juga akun masuknya, he he.

      Hapus
  4. Oh...saya kira situs C2live itu situs berita. Mirip media lain. Ternyata banyak juga fungsi lain. Okay... Saya coba daftar deh.

    Makasih infonya mbak.
    Jadi tahu apa itu C2Live.

    BalasHapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Nama komentator tidak langsung mengarah ke URL pos blog agar tidak menambah beban jumlah link pemilik blog ini. Jangan sertakan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. @rohyatisofjan

Disabilitas Mengelola Komunitas

Arti disabilitas adalah keterbatasan aktivitas dan partisipasi akibat  ketidakmampuan mental atau fisik. Hal itu bisa menjadi stigma dalam m...