Minggu, 11 November 2018

Lia Herliana dan Pakem Cerita untuk Anak





MENULIS cerita untuk anak, baik dalam bentuk dongeng atau kisahan nyata bukanlah hal yang mudah. Sekarang ini ternyata ada acuan tertentu yang harus dipatuhi penulis mana pun jika tertarik untuk menggelutinya.


JUDUL                : Nyanyian Sasa Angsa
PENULIS             : Lia Herliana
PENERBIT          :  Rainbow (Penerbit Andi)
CETAKAN           : 1, 2015
TEBAL                :  iv + 60 Halaman, 20 x 28 Cm
ISBN                    : 978-979-29-4455-6

Acuan tersebut mencakup terlarangnya kata (sifat) negatif dalam cerita. Kata negatif tersebut berupa malas, bodoh, bandel, pelit, jahat, iri, boros, dan lain sebagainya.
Tentu itu membingungkan! Bagaimana kita akan menulis cerita yang sarat hikmah dan nasihat bagi anak jika kata (sifat) negatif merupakan hal terlarang untuk diumbar? Apalagi kata negatif demikian kerap dialami sebagian besar pelakon kehidupan, anak-anak pun. Kata negatif cuma contoh untuk berdampingan dengan kata positif, sebagai semacam pembanding. Agar anak paham mana yang baik dan buruk, mana yang benar dan salah, juga, mana yang boleh dan terlarang. Dengan demikian anak-anak beroleh panduan atau pedoman.
Membaca Nyanyian Sasa Angsa dan 14 Cerita Seru Lainnya (Penerbit Rainbow), karya Lia Herliana, kita justru akan diajak menelisik kata (sifat) negatif sebagai semacam perubahan ke arah kata sifat yang lebih baik lagi. Dan tidak melulu menggurui, justru nasihat yang tersirat dari ucapan tokoh cerita (atau hasil-akibat yang dialami tokoh cerita), merupakan kesatuan utuh bagi pembentukan karakter agar anak-anak beroleh pengalaman positif dari hasil pembacaan buku tersebut.
Tengoklah Raihan yang rajin membantu ibunya dengan menitipkan dagangan donat ke warung-warung hingga kerap terlambat masuk sekolah karena sepedanya rusak dan harus jalan kaki, ia bermimpi memiliki sepeda agar memudahkan mobilitasnya. Raihan dikompori sahabatnya agar ikut lomba menulis, siapa tahu bisa menang dan beroleh hadiah uang untuk pembeli sepeda idaman. (“Impian Raihan”)
Raihan yang rajin pada mulanya “malas” ikut lomba karena “tidak percaya diri”, namun bujukan positif dari sahabatnya menggugah minat untuk “berani mencoba dan berusaha keras meski tidak mudah”. Ada sosok “bukan guru” yang mengajari dan menyemangati. Sosok yang memahami cara menulis karena merupakan serang penulis. Dengan kata lain, profesi penulis pun punya arti.
Kita lihat bagaimana Lia Herliana berupaya menyandingkan kata (sifat) negatif sebagai tahap-tahap yang harus dialami seorang anak. Namun kemudian si anak berupaya agar bisa mengikis hal negatif tersebut, menggantinya dengan kata sifat baru berupa hal positif.
Pakem semacam ini saya rasa masih memungkinkan sebagai cerita untuk anak, karena cara bertutur Lia cenderung tidak nyinyir apalagi menggurui. Ia hanya memaparkan dan menyerahkan pemaparan tersebut pada pembacanya. Namun ia juga menggiring opini pembacanya untuk turut terlibat dalam cerita.
Dalam dongeng “Si Penghuni Baru”, Lia menggiring opini pembacanya agar bebas prasangka. Lewat dunia fabel, Lia mengisahkan kehidupan hewan yang dalam kenyataannya di habitat mereka berperan sebagi “pemangsa dan yang dimangsa”, sebagai sesuatu yang berkebalikan. Bahwa mereka hidup berdampingan tanpa mengisahkan bagaimana cara memangsa dan dimangsa, mereka cuma bertetangga biasa sebagaimana halnya kaum manusia. Dan mereka pun punya prasangka.
Alkisah, Kedi Kadal rajin menyapa tetangga barunya, Ola Ular, namun tak ditanggapi sebagaimana mestinya. Kedi dan kawan-kawan (dalam kehidupan nyata adalah santapan lezat bagi kaum ular) ramai-ramai menggunjingkan dan menghakimi Ola sebagai makhluk yang sombong. Di sini, pengetahuan biologi Lia layak diacungi jempol, ia memahami  bagaimana sifat-sifat bawaan kaum hewan. Dalam kerajaan binatang (animal kingdom) bangsa ular ternyata tidak punya pendengaran yang baik.
Itu bisa membantu anak untuk memahami perbedaan, bahwa kekurangan fisik bukan untuk diprasangkai (buruk) apalagi digunjingkan. Lia berupaya menyisipkan nasihat dengan contoh perilaku hewan yang memiliki empati dan mau bergaul dengan kaum  difabel. Juga, Lia mengajak anak untuk merasa malu jika telah berlaku buruk pada penyandang disabilitas, bahwa kelemahan atau kekurangan orang lain bukan untuk membuat kita merasa lebih superior daripadanya.
Masih soal prasangka, dalam “Kebiasaan Aneh Sofie”, Lia mengajak anak untuk mencintai lingkungan, dengan hal-hal sederhana berupa penghematan alat kebutuhan sehari-hari berbahan dasar dari pepohonan. Masih banyak dari kita yang tidak menyadari berapa banyak pohon yang harus dikorbankan untuk kertas, pensil, bahkan tisu.
Seorang anak pun bisa menjadi figur teladan atau pahlawan ala Kartini bagi anak lain. Akhirnya Ririn yang bingung mencari figur demi tugas mengarang dari guru bahasa Indonesia, menemukannya dalam “Mencari Kartini”. Ia belajar bahwa menjadi Kartini tak harus melakukan hal-hal hebat, hal sederhana ala teman sebaya pun bisa sangat mengesankan.
Mari kita beralih memahami apa arti pagi bagi seorang anak. Ia yang semula malas bangun pagi karena selalu tidur larut sehingga jam biologis membuatnya menjalani rutinitas kacau setiap pagi. Hanya karena mati lampulah yang mengubah Bobi untuk meresapi “Keajaiban Pagi”.
Berapa banyak dari anak Indonesia yang menganggap rutinitas pagi sebagai aktivitas menyebalkan karena mereka tidak menyadari sisi lain pagi? Lia seakan ingin mengingatkan anak akan makna pentingnya istirahat.


Sesungguhnya pakem cerita dalam Nyanyian Sasa Angsa merupakan harmoni dari positif-negatif yang berdampingan. Harmoni semacam ini adalah upaya Lia untuk mengajak anak ke arah kebaikan, menjauhkan anak dari perbuatan tercela yang bisa jadi tidak disadari oleh anak sendiri. Pakem Lia adalah cerita untuk anak yang menghibur sekaligus mendidik.
Anak akan diajak memahami hal-ihwal kehidupan dari dongeng sampai kisahan lain. Kita bisa belajar dari “Nyanyian Sasa Angsa” agar sadar diri dan tak narsis; “Kolak Istimewa” akan membuat kita bahagia karena bersedekah; menghargai buku sebagai petualangan menakjubkan dalam “Harta Karun Nenek”; sifat usil bukanlah hal baik namun berani jujur mengakui kesalahan adalah perbuatan terpuji (“Kacamata Pak Owl”); ada keajaiban siklus musim dalam “Kesedihan Pohon Kersen Kecil”; kesetaraan gender pun perlu diajarkan sejak dini (“Laki-laki atau Perempuan”); jujur dan sabar pun harus diterapkan (“Nina dan Sepotong Mendoan”); bagi “Bravo Si Kuda Penari” potensi diri bisa digali; jangan ikut-ikutan menghakimi “Mbah Marto” karena beliau ternyata punya alasan patriotik; doa pun bisa menjadi “Kado Paling Istimewa”.
Demikianlah, Lia Herliana berbagi dunia untuk anak dengan 15 ceritanya. Jadi, apakah pakem menghindari kata negatif harus dituruti secara membabi-buta tanpa paham substansinya? Bagaimanapun, masih ada cara lain untuk mengikuti kaidah penulisan cerita bagi anak, seperti yang dicontohkan Lia Herliana dengan Nyanyian Sasa Angsa dan 14 Cerita Seru Lainnya.
Anak-anak memang perlu dibangun karakternya dengan hal positif agar mampu berpikir positif, namun anak-anak pun harus memahami ada kenyataan pahit mendampingi hal positif berupa hal negatif. Dengan demikian, anak-anak mampu melihat realitas dunia agar tak mengalami gegar sosial-budaya. Tugas penulis cerita anaklah untuk mengenalkan realitas tersebut dengan cara yang menghibur sekaligus mendidik.***
Cipeujeuh, 16 Januari 2018

#BukuAnak  #Resensi #LiaHerliana #PenerbitRainbow #KisahTeladan
~Foto hasil jepretan kamera ponsel ANDROMAX PRIME~

9 komentar:

  1. Melihat orang lain sudah nulis buku dan mungkin sudah menikmati indahnya Royalti, saya jadi ingin menulis buku juga nich.... tapi apa judulnya yach....... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat, Kang. Tulis kisah humor Akang yang konyol atau parodi, ambil celah dari sesuatu yang unik dan belum ada namun diminati. Kayak Asikpedia itu seakan kumpulan kisah asyik.
      Saya sendiri belum bisa nerbitin buku, masih jalan di tempat untuk nantinya ambil ancang-ancaing begitu sudah siap. Dan blog adalah sarana latihannya. :)

      Hapus
  2. Salah satu kunci buku cerita anak ini ya, Mbak ... kata (sifat) negatif sebagai semacam perubahan ke arah kata sifat yang lebih baik lagi. Dan tidak melulu menggurui.

    Jujur, buat saya sulit sekali menulis cerita anak. Sudah pernah mencoba membuatnya dan susahnya setengah mati hehehe.

    BalasHapus
  3. 15 cerita dalam 1 buku ini bisa jadi sarana dongeng pengantar tidur untuk anak-anak. Apalagi ceritanya bagus-bagus ya, Teh. Makasih resensinya.

    BalasHapus
  4. dari awal sempat bingung dengan menghindari penggunaan bahasa negatif saat bercerita untuk anak-anak, untungnya makin kebawah makin membawa pencerahan. setuju banget teh dengan kalimatnya bahwa kita harus membentuk karakter anak ke hal positif dan di sisi lain kita juga harus mengenalkan bahwa hidup ini ada juga sisi yang kurang menyenangkan dan itu kita harus tetap bisa mensyukurinya dan menjadikannya sebagai tantangan untuk menjadi lebih kuat lagi. tulisan teteh selalu ada makna yang tersurat dan tersirat yang bisa diambil

    BalasHapus
  5. Menarik sekali, dari dulu saya ingin menulis cerita anak, tapi saya belum pernah belajar bagaimana menulisnya..uraian dari jeng Rohyati betul betul bisa menjadi referensi saya, makasih ya

    BalasHapus
  6. Keren nih yg bisa bikin kumpulan cerita2 gini. Bisa tuk dongengin anak juga ya teh.

    BalasHapus
  7. Wah baru tahu ternyata ada larangan menulis soal sifat-sifat negatif pada cerita anak. Menulis cerita anak ternyata enggak gampang ya. Buku-buku anak sekarang memang banyak bertebaran, tapi saya juga jadi bingung yang bagus yang mana buat keponakan. Saya enggak mau keponakan kemasukan unsur-unsur negatif. Terima kasih atas rekomendasinya.

    Jadi teringat masa kecil, saya suka baca dongeng Hans Christian Andersen, Lima Sekawan, Trio Detektif, Enyd Blyton.

    BalasHapus
  8. Sekilas sepertinya mudah ya menulis buku anak, tapi ternyata tidak karena penulis harus menanamkan nilai moral juga di dalamnya agar buku lebih bermanfaat

    BalasHapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Nama komentator tidak langsung mengarah ke URL pos blog agar tidak menambah beban jumlah link pemilik blog ini. Jangan sertakan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. @rohyatisofjan

Disabilitas Mengelola Komunitas

Arti disabilitas adalah keterbatasan aktivitas dan partisipasi akibat  ketidakmampuan mental atau fisik. Hal itu bisa menjadi stigma dalam m...