Kamis, 03 Oktober 2019

Kang Nata dan Asikpedia yang Tiada Duanya

kang nata
Sosok Jet Li

TRADISI blogwalking alias jalan-jalan ke blog orang lain sesungguhnya membawa kebaikan: menambah ilmu, memanjangkan silaturahim, sekaligus melancarkan rezeki. Hal demikian sudah lama saya rasakan sejak pertama kali ikut grup blogwalking yang pesertanya wajib saling kunbal (kunjungan balik) jika ikut BW. Blogger Energy (BE) bagi saya adalah grup pertama yang serius mengajarkan arti kunjungan balik wajib jika ikut isi list. Yah, meski pada mulanya saya tidak paham dan sempat bikin kesal para senior yang sudah dulu jadi anggota di sana.


Ketika grup BE tidak aktif karena kesibukan anggotanya,  saya terpaksa membagikan tautan blog ke berbagai grup di Facebook. Warung Blogger adalah salah satunya, saya membuat kalimat ajakan untuk saling blogwalking. Rupanya hal demikian mengundang pembaca yang butuh pengunjung juga untuk menyambangi blog saya.  Seorang pembaca yang menurut saya mengesankan karena komentarnya lucu di artikel mengenai sepatu bot AP . Dengan senang hati pula saya balas komentarnya lalu lakukan kunjungan balik untuk mengpmentari pos blognya.

BACA  JUGA: Paling Dibutuhkan Suami: Sepatu Bot AP

Entah mengapa doi tidak lagi nongol setelah saya berkomentar. Seakan tiada kesinambungan untuk saling berbalas komentar dan kunjungan. Saya merasa kehilangan, komentarnya sangat lucu dan mengesankan, tidak panjang tetapi spontan dan ada nada riang. Seakan sang komentator punya ciri khas unik yang akan dirindukan. Sampai pada akhirnya dia nongol lagi di blog saya untuk berbalas komentar setelah sekian lama tiada berkabar.

Tahukah Teman-teman, siapa dia? Dia mungkin bukan siapa-siapa, tetapi sosoknya telah mengada dengan ciri khas kocak dan spontan, berkesan polos pula.  Bukan penulis beken ala Raditya Dika tetapi ciri khasnya tak tergantikan. Kamu akan spontan tertawa begitu saja karena dia menyentuh pemikiran yang tak terbayangkan dengan rulisan uniknya. Main saja ke Asikpedia dan baca bagaimana tulisan organiknya kaya akan ciri khas. Dijamin perutmu akan sakit karena tertawa dan sangat menikmatinya.

Kang Nata bagi saya adalah selebblogger atau narablog seleb, intuisi saya tidak salah memilihnya untuk jadi kawan seperjuangan dalam saling kunjungan. Bahkan saya memperkenalkan blognya ke beberapa teman yang butuh teman untuk jelajah blog. Para penganut asas saling membutuhkan agar trafik kunjungan blognya naik.

Pageview itu penting bagi narablog pemula yang mengandalkan jaringan pertemanan karena merintis dari bawah. Tradisi jelajah blog itu kelak akan membantu masing-masing demi meningkatkan trafik blognya sekaligus nilai DA (domain authority) dan PA (page authority). Jangan kira membangun blog itu mudah. Ada proses panjang berjenjang.

Masalahnya tidak mudah membangun blog apalagi jaringan pertemanan, butuh dukungan dari pihak yang merasa senasib seperjuangan. Barangkali Kang Nata adalah sosok yang tepat untuk itu. Tulisannya singkat tetapi menghibur dengan kalimat lucu tak terduga. Ia adalah sosok misterius dari balik foto profil Jet Lee.

Mana yang Lebih Misterius, Kang Nata atau Jet Lee?


asikpedia
Asikpedia


Bagi saya sendiri, Jet Lee adalah sosok misterius karena tidak mengenalnya, juga tidak kepo tentang bagaimana kehidupannya. Maklumlah saya bukan ABG lagi yang dulu pernah tergila-gila pada sosok Keanu Reeves, ha ha.

BACA  JUGA:  Arti Kukis, Biskuit, dan Kraker

Jet Lee atau Jet Li hanyalah sosok jago kung fu yang tampan dengan tatapan tajam membingkai wajah bayinya. Berkesan serius dan jarang tertawa. Iyalah, dalam film sibuk gebuk orang melulu. Ciaaatciaaat. Kadang-kadang senyum dan tertawa, tetapi jelas tidak melontarkan kalimat kocak khas Kang Nata yang berkesan polos sekaligus mengundang tawa. Jet Li bagi saya hanyalah hero seriusan dari dulu sampai sekarang.

Dulu saya tidak menyadari bahwa foto profilnya yang ada di Google Plus itu Jet Lee, maklumlah mata saya rabunan dalam hal melihat sosok cowok. Saya pikir itu memang fotonya dan tidak meluangkan waktu untuk mengamati foto profilnya lebih jelas,.Ngapain pula?!

Jadi, saya pikir itu foto asli Kang Nata, tampan juga, ha ha. Iya, meski sekilas lihatnya karena saya terlalu sibuk mengomentari tulisan orang jadi tidak tertarik mengomentari wajah orang. Lain halnya jika yang saya komentari adalah tulisan pemain dorama Jepang yang mau saling jelajah blog, ha ha.

Jangan tanya namanya ke saya sekarang, ya. Saya lupa. Lagi kumat penurunan daya ingat. Tetapi tampang tampan dan imutnya menggoda mamah-mamah satu anak juga. Coba kalau saya masih remaja pasti akan selalu ingat namanya. Dia main di banyak film dan dorama. “Death Note” salah satunya.

BACA  JUGA:  Cara Cepat Mendapatkan Follower Instagram Tanpa Bayar

Eh, saya bahas apaan, sih? Mulai ngalor-ngidul teu puguh pisan. Judulnya pan  bahas Kang Nata dengan Asikpedia, ini malah bahas aktor tampan di berbagai belahan dunia. Masih relevan, mungkin. Soalnya saya yang tidak menyadari bahwa itu foto profil Jet Li dan tahunya dari komentar teman lain, jadi ikut penasaran. Seperti apakah tampang Kang Nata? Mirip Jet Li-kah? Atau mirip aktor Jepang yang-lupa-namanya-siapa? Atau mirip yang baca ini jika bacanya Kang Nata? Ha ha.

Penjenamaan diri (personal branding) Kang Nata memang unik. Banyak teman lain penasaran dengan sosoknya karena menyengaja mengaburkan identitas diri agar kita bebas berkreasi dengan imajinasi. Apakah tampangnya pun kocak? Saya tidak membayangkan tampangnya sekarang, buat apa. Saya justru penasaran dia kelahiran tahun berapa gara-gara pilihan kata yang kerap digunakannya: yach, dech, nach, nich, itu saja yang saya ingat. Entah apakah pakai juga tuch. Tak menyimak lebih lanjut.

Spekulasi saya bahwa dia kelahiran tahun 1980-an atau awal 1990-an. Sekarang saja jarang saya baca kalimat gaya Lupus dengan yach, dech, nachnich, dan tuch. Generasi X pastinya sering gunakan itu kala masih remaja. Lalu termasuk generasi apakah Kang Nata itu? Silakan menebaknya sendiri, barangkali Kang Nata akan memberi hadiah sebaskom pempek Palembang jika ada teman pembaca yang berhasil menebak dengan tepat. Ha ha.

Mungkin tampang bisa dibikin misterius dengan meniadakan penampakan fotonya, tetapi jika sosoknya unik dan mengesankan berkat gaya menulisnya yang khas, orang tidak akan terlalu mempermasalahkan tampang, paling penasaran saja ingin menyaksikan penampakan. Eh, apakah sama saja alias tiada bedanya? Ha ha.

Yang terpenting bagi saya adalah tulisannya, berikut cara berinteraksi sekaligus menginspirasi banyak orang. Blog Asikpedia saja sekarang dibuat beda, dominan gambar kartun yang lucu. Seakan ada jiwa kekanakan pada Kang Nata tetapi itu tidak mengganggu, malah jadi lebih segar dan kian menguatkan penjenamaan dirinya.

Kang Nata termasuk sosok yang populer di kalangan ibu-ibu narablog. Tidak tahu apakah populer juga di kalangan ibu-ibu PKK tempatnya. Kocak adalah penjenamaan dirinya yang sangat menghibur. Para ibu yang sehari-hari berkutat dengan urusan dapur pasti butuh jeda agar tidak melulu pegang panci, pasti menyukai gaya menulisnya yang unik dan tak tergantikan.

BACA JUGA:  Belajar dari Sesama Ibu Rumah Tangga Penulis

Bagi saya dia adalah teman yang baik dan penuh dukungan. Mendorong agar saya segera bikin blog TLD alias domain berbayar, menyarankan saya untuk fokus pada blog yang berisi tema pendidikan, katanya akan lebih banyak dicari dan tahan lama sebagai investasi. masa depan. Ya, saya disarankan fokus pada bahasa dan kepenulisan. agar bisa jadi tempat belajar. bagi banyak orang.

Sebenarnya nama asli Kang Nata siapa, sih? Saya tidak tahu, tahunya dari nama di gmail: Adi Permata. Hi hi. Dia barangkali permata hati ayah-bundanya. Main saja ke blognya untuk kenalan dan beroleh hiburan. Dijamin akan tertawa dengan gaya bahasa dan menulisnya.

Asikpedia adalah tempat asik untuk menikmati cara blog yang baik, kita bisa belajar bagaimana membangun penjenamaan diri secara positif.

Salam,
@rohyatisofjan (Twitter dan Instagram)

Cipeujeuh, 3 Oktober 2019
#SHSTOktober3 #Asiikpedia #KangNata #Blogwalking #Narablog
Foto dari tangkapan layar dan foto profil akun Facebook punya Kang Nata dengan editan Canva     
  

51 komentar:

  1. Jadi tertarik ingin juga berkunjung ke sana. Barangkali dapat pencerahan obat galau dan refreshing dari beban pekerjaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan, obat galau terbaik adalah kalimat dari kisah yang menghibur.
      Ada parodi atau satire yang diungkapkan Kang Nata dengan ciri khasnya.

      Hapus
  2. Kang Nata sekarang lagi sumringah berbunga2 dipuja puji mak2 1 anak ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qiqiqiqi, aku juga ngikik baca artikel ini, keren banget Kang Nata ini bisa memikat gitu style bloggingnya :D
      --bukanbocahbiasa(dot)com--

      Hapus
    2. @ bang BeDe, dia mah sumringah mulu..orangnya riang gitu.

      Hapus
    3. Bang day, > saking sumrigahnya saya, hingga lupa mampir disini, abiss repot petik bunga-nya bang.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Ha ha ha, saling ngeidolain agar semangat ngeblog, Mbak. Dia sejujurnya teman yang rajin komen di blog saya kalau saya kunbal. Makanya ada beberapa nama yang dekat di hati da sering saling kunjung secara sukarela. Semoga Mbak dan saya pun bisa seperti itu. Terima kasih. :)

      Hapus
  4. rema pendidikan atau tema pendidikan?
    Betul sekali membangun blog itu tidaklah mudah.
    Dan sebenarnya menjadi blogger itu tidak hanya urusan menulis, harus sedikit bisa dan mengerti tentang DA, PA, TLD dan sebaginya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya TEMA bukan rema, duh, mata kian lamur saja. Bertambah plusnya jika nulis malam-malam karena sudah kelelahan melototin layar komputer. Terima kasih telah mengoreksi, Mas Bumi. Salah ketik itu berbahaya bagi trafik, menyulitkan mesin pencari. Akan saya edit nantinya.
      Menjadi narablog itu harus segala bisa, paham teknik, sekaligus operasi blog. Juga cara agar blog bisa beroleh banyak kunjungan dengan lebih sering berinteraksi. Lelahnya. Saya pengen tepar juga, ha ha. Tetap semangatin diri dengan lihat pencapaian teman-teman yang gigih dan konsisten, termasuk Mas Bumi juga.

      Hapus
  5. Setuju!
    Sepertinya Kang Nata harus cari tiang, agar tidak langsung terbang, karena artikel ini, hahaha

    Mba, ayo kita kolaborasi memberi backlink gratis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha ha, Kang Nata harus pegangan dulu saat baca artikel ini yang dimulai sari judul sampai kolom komentar. Pasti bahagia diulas secara positif. Alhamdulillah, saya telah menuntaskan janji yang dulu untuk gantian mengulas blognya setelah dia mengulas blog saya dengan memberi backlink gratis ke blog ini.
      Sewsama narablog memang harus bekerja sama agar bisa meningkatkan performa blognya di mesin pencari. Dengan senang hati saya akan bekerja sama dengan Mbak Anna juga. Bagaimana caranya, Mbak? Apakah saling mengulas blog masing-masing atau menulis suatu artikel lalu merujuk pada sumber yang bisa membantu untuk memperjelas atau melengkapi?

      Hapus
    2. Rosanna > saya sudah cari tiangnya Mbak, namun tiangnya ngak kuat
      menahan kebahagiaan saya akibat tulisan ini. :)

      Hapus
  6. Hihi kocak juga baca artikel ini. Jadi kaya cerita detektif. Saya belum pernah mampir ke blognya kang Nata. Abis ini coba meluncur

    BalasHapus
  7. Aku suka banget jenis blog yang menghibur semacam Asikpedia nih. Sangat menghibur n bikin happy :)

    BalasHapus
  8. Lagi butuh moodbooster nih Teh buat semangat ngeblog lagi. Bener banget, BW itu banyak manfaatnya dan agak susah cari orang2 yang mau bw balik.
    Makasih ya Teh udah jadi salah satu semangat aku.

    BalasHapus
  9. Ah, iya... Kang nata ini lucu, unik, dan nggak ngebosenin. Kalau baca tulisannya pasti ngakak dan terhibur. Saya pun juga penasaran seperti apa sosok kang jetlee kw ini😁. Apakah jago kungfu juga?
    Ngomongin soal dorama jepang dan film death note. Apa jangan-jangan yang dimaksud mbak rohyati mas kento yamazaki ya...
    Soalnya saya juga suka😊😁

    BalasHapus
  10. Beberapa waktu lalu aku juga baca artikel dari seorang teman blogger yang juga mengulas tentang Kang Nata ini. Tulisan yang kocak tentu menjadi ciri khas tersendiri ya.

    BalasHapus
  11. jet leee, haa udah lama ga liat muka jet lee main film. Nah jdi aja penasaran aku sama kang nata.

    BalasHapus
  12. Menurut saya, Kang Nata ada jugalah mirip Jet Lee.

    BalasHapus
  13. Kang Nata ini satu-satunya blogger cowok yang aku kenal, pernah kasih job, pernah tukeran curhat tentang fee job, trus pernah juga colak colek kasih info kalau ada job. So far, orangnya memang asyik. Cocok dengan nama blognya, asipedia. Yuhuuu Kang Nata, how are you?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itulah sebabnya dia punya banyak teman di mana-mana karena tampak supel dan ramah, celetukan humotnya juga tak terduga. Selalu membuat yang baca tertawa. Cocok jadi penulis humoris,
      Soal job juga pernah nyaranin, cuma sayanya tukang lompat sana-sinijadi tak sempat.
      Semoga Kang Nata baik=baik saja dan berhenti galau.

      Hapus
  14. Ternyata circle saya di dunia blogging masih sangat kecil. Saya jadi terpikir lagi untuk memperluas jejaring. Meluncur ke blog Kang Nata ah...

    BalasHapus
  15. Kang Nata ini menginspirasi banget kayaknya ya.. jadi penasaran pengen nyemplung ke asikpedia

    BalasHapus
  16. penasaran sama kang nata ini..tar aku coba ke asikpedia

    BalasHapus
  17. Pernah juga tuh mampir ke blog saya dan ninggalin jejak. Terakhir akhir tahun kemarin kalo gak salah. Saya sendiri lama gak berkunjug ke blog Kang Nata, jarang juga sih, duhhh

    BalasHapus
  18. Film action emang selalu bikin ga bisa tenang. Wkwk. Wah saya belum baca tulisan Kang Nata. Bisa baca dimana ya Mbak?

    BalasHapus
  19. Banyakjuga ibu-ibu yang mengidolakan Kang Nata ternyata yaa, memang blognya lucu sih. Tapi saya baru beberapa kali aja berkunjung :)

    BalasHapus
  20. Kang Nata kayaknya emang sering Bw walaupun kita belum pernah BW ke tempatnya. Tapi senang ada teman blogger baik gini y

    BalasHapus
  21. Wah saya jd penasaran juga nih..blm sempat berinteraksi dg Si Akang yg kata mba Rohyati kocak pisan ini..

    BalasHapus
  22. Wah saya kudet ya..kok ga tau Kang Mata sih..huhu..jd penasaran juga nih.

    BalasHapus
  23. Kang Nata ini pernah jg ngasih komen di blogku beberapa kali heheh emang komennya renyah dan berkesan yah, q jd penasaran dgn sosoknya ��

    BalasHapus
  24. Baru mau bilang kok mirip artis hihihi, ternyata KAng Nata mesterius ya sosoknya, tapi gpp yang penting tulisannya enak dibaca

    BalasHapus
  25. Ini curhatan banget sih hehe.. semuanya ada.. asikpedia emang asik ya.. suka muncul ide ide menarik dan rasa kepo terhadap sesuatu bisa terjawab disini hehe

    BalasHapus
  26. Ya ampun aku kemana aja ya baru tau tentang Kang Nata ini, jadi penasaran kan akhirnya sama si akang ini hehe. Coba cari blognya deh.

    BalasHapus
  27. Wah saya malah belum kenal sama sekali dengan Kang Nata ini. Kayaknya di medsos juga belum berteman. Kalau blognya memang familiar sih.

    BalasHapus
  28. Lama banget saya gak nambah temen blogger karena jarang blogwalking, slam kenal mbak.. pengen kenal juga dengan Asikpedia :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat kembali pada dunia blogging, selalu ada hal yang menyenangkan di dalamnya sejauh kita tetap positif dan bersemangat. Salam kenal juga.
      Silakan main ke blog Asikpedia dan kenalan dengan pemiliknya. Terima kasih. :)

      Hapus
  29. Dunia blog ini menyenangkan mbak selain banyak benefit kita juga diajarkan untuk selalu konsisten dalam belajar tentang literasi. Nah, kang nata ini saya penasaran dan pengen langsung lihat web nya hehe...

    BalasHapus
  30. Cilukkk baaaa....!!! ini saya muncul Mbak... :)

    Mohon Maaf Mbak, saya baru bisa berkomentar sebab sibuk bersemedi di dasar laut, cari pencerahan di Gitu, hahah .....lebayyy..!!!

    Saya jadi terusik untuk muncul lagi ke permukaan , gegara artikel kerenn ini nih,,,,bikin konsentrasi saya buyarrr,,,hahahah......

    Ohy..saya ucapkan terima kasih banyak, karena Mbak sudah membahas tentang saya, padahal kalau dipikir – pikir sih, saya itu ngak penting – penting banget, kalau dibandingkan dengan Tongkol Jagung.
    :)

    Dan..saya ucapkan terima kasih buat blogger-wati dan blogger-wan diatas yang sudah senggol – senggol nama saya, so kalian adalah is The best deh buat saya.

    Ohy...jadi waktu dahulu ngak sempat “nge’zoom’ foto Profile saya yah....? terus....langsung mengira saya tampan gitu,hahaha....#emang tampan sih, kalau dilihat dari Luar Angkasa. :)

    Selain Mbak, ada satu orang lagi yang jeli melihat profile saya...mmm..kasih tau ngak yah...?

    Syukur Alhamdulillah kalau saya dikenal di kalangan para Ibu – ibu, itu artinya ketika saya mau jualan Tas atau baju, bisa berpotensi laris manis.

    Ohy..jiwa saya ngak kekanak – kanakan loh Mbak,,,,,malahan kebapak-bapak-an....kadang ke-kakek-kakek’an Juga. Hahaha....

    BalasHapus
  31. Salam kenal mbak, terimakasih referensinya. Kapan2 mau berpetualang juga di blognya Kang Nata. Siapa tau dapat sesuatu yang berarti dari sana, he he he...

    BalasHapus
  32. wahhhh sukalah kang nata ada orang review blognya... blog saya bila pula? hehehehe

    BalasHapus
  33. Saya udah baca ini sejak kapan hari, tapi baru sempat baca.
    hahahaha, kangen eh ama kang Nata, kayaknya dia lagi sibuk banget sekarang, cuman bisa ketemu di facebook doang.

    Saya kenal eh akrab *tsah! ama kang Nata juga bermula dari postingan mba Rohyati loh, eh salah ding, kalau nggak salah, kang Nata duluan nulis mba Rohyati, terus di share di medsos, langsung deh saya sering berkunjung ke sana.

    Dan iya ya, ciri khas kang Nata itu tahun 90an banget buahahahahahaha.

    Nach, nich, khan, wkwkwkwkw, jadi ingat masa SMP dan STM ini mah :D
    Kalau tahun 2000an, tahun 4l4y.

    Jadi memang kayaknya kang Nata ini kelahiran tahun 80an atau 90an.
    Tapi kayaknya sih 80an, hahahaha.

    Nama aslinya juga bagus sebenarnya, dan saya dulu kaget, saya pikir kang Nata ini urang Bandung atau Jabar lah, se daerah ama mba Roh, eh ternyata panggilan kang itu hanya karena ada cewek yang sering manggil dia kang hahahaah.

    menurut saya, branding atau penjenamaan dia bener-bener berhasil.
    Meskipun zaman udah tahun segini, dia masih mampu mempertahankan ciri khas dari tulisannya, keceehhh deh :D

    BalasHapus
  34. Jadi Kang Nata ini sosok misterius ya yang bersembunyi dibalik foto Jetli, hehe. Orang yang nggak menunjukkan identitasnya kayak Kang Nata memang bikin penasaran ya tapi setidaknya dengan komentar-komentarnya sudah ada sedikit gambaran ya Mbak. Orangnya kocak, gaul dan bla bla yah walau saya sendiri juga tidak terlalu kenal dengan beliau.

    BalasHapus
  35. Samaa aku awalnya juga ga ngeh klo itu Jet Li. Cuma liat tumbnail foto ny kecil, (karena buka di hp) di kolom komentar2 narablog. Dlm hati, ini orang kocak tp fotonya rapih juga ya.. pas diklik aku ngakak ternyata foto Jet Li, artis Mandarin idola jaman dulu 😂

    BalasHapus
  36. Beberapa kali pernah mengunjungi blog Kang Nata. Blog nya asik dan layak dbaca klo pas lagi jenuh atau cari inspirasi. hehe

    BalasHapus
  37. kang nata semakin hari semakin hits dikalangan ibuk ibuk milenial ya hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah singgah, silakan tinggalkan jejak komentar sebagai tanda persahabatan agar saya bisa lakukan kunjungan balik. Komentar sebaiknya relevan dengan isi tulisan. Nama komentator tidak langsung mengarah ke URL pos blog agar tidak menambah beban jumlah link pemilik blog ini. Jangan sertakan link hidup dan mati, apalagi iklan karena termasuk spam.Terima kasih banyak. Salam. @rohyatisofjan

Disabilitas Mengelola Komunitas

Arti disabilitas adalah keterbatasan aktivitas dan partisipasi akibat  ketidakmampuan mental atau fisik. Hal itu bisa menjadi stigma dalam m...